Tentang Fajar

Saya Fajar Harguna, tinggal di Halaqoh Depok. Sejak tahun 90-an Allah swt memberikan kesempatan kepada Saya untuk belajar dan mengenal berbagai pergerakan da’wah islam dan harokah. Untuk mengenal maka saya melalui proses yang panjang. Hingga Allah swt akhirnya kenalkan dan tetapkan hati Saya dengan suatu usaha da’wah, usahanya baginda Rasulullah s.a.w. Usaha ini telah merubah diri Saya untuk lebih kenal kepada Allah swt dan mencintai Sunnah baginda Rasulullah s.a.w.

Usaha da’wah ini tak jarang mendapatkan hujatan dan fitnah dari kaum penentang da’wah minhajun nubuwwah, karena dianggap kuno-konvensional, tidak mengikuti zaman, dsb. Namun sungguh Allah s.wt. Maha Bijaksana, semakin dihujat dan difitnah usaha da’wah ini semakin berkembang. Hingga kini sudah 200 lebih negara memiliki markaz Da’wah, termasuk markaz di Israel dan Amerika. Dan Saya lihat sendiri perkembangannya sejak saya mengenal usaha da’wah ini, maka generasi awal pekerja da’wah yang dahulu dikatakan bodoh dan awam dalam hal agama, dihujat karena da’wah tanpa ilmu, difitnah melakukan amalan bid’ah dan segudang tuduhan lainnya, maka kini, Subhnallah, anak-anak mereka para pekerja da’wah (biasa disebut karkun) telah menjadi hafiz-hafiz dan hafizah-hafizah Qur’an, alim-alimah. Bahkan berbagai kalangan telah ikut ambil bagian dalam usaha ini, kalangan ulama, kalangan pejabat pemerintah, kalangan awam, kalangan selebritis, kalangan militer, mantan-mantan preman, yang kini telah tobat, kalangan pengusaha, kalangan aghniya (orang-orang kaya), kalangan orang-orang miskin, kalangan pelajar mahasiswa, dan seluruh kalangan telah ambil bagian. Generasi yang telah siap menyongsong kebangkitan Islam kali yang kedua. Generasi yang Insya Allah siap menghadapi fitnah-fitnah dahsyat Akhir Zaman, termasuk fitnah yang paling besar dalam sejarah kehidupan manusia yaitu Dajjal. Generasi Robbani yang hanya mencintai Allah dan Rasul-Nya dan berjihad fisabilillah.

Melalui usaha da’wah ini Saya lebih memiliki wawasan yang luas multi dimensional tentang banyak hal, pengetahuan tentang Islam dan fikrah yang seharusnya sebagai muslim dan orang yang beriman. Usaha da’wah ini sangat terbuka, bukan gerakan “bawah tanah” yang sembunyi-sembunyi dengan sistem sel, atau ekslusif hanya untuk kalangan terpelajar saja. Usaha da’wah ini menekankan bahwa Islam akan dapat maju berkembang dengan amal agama yang sempurna, bukan karena Kekuasaan, Politik, Militer, Ekonomi, Uang dan asbab-kebendaan lainnya. Bila kita yakin pada asbab kebendaan maka kita justru akan menghancurkan Islam, karena keyakinan kita telah rusak.

solatinplane

Jamaah dikirim keseluruh penjuru dunia untuk kerja da’wah, dengan kendaraan melalui jalan darat, laut, udara dan bahkan berjalan kaki.

Usaha da’wah ini, yang mana Saya pun masih belajar untuk aktif di dalamnya, Alhamdulillah adalah usaha ijtimaiyah atau berjamaah yang ada di seantero dunia. Mengapa disebut berjamaah? Karena satu komando, satu fikir, satu risau, satu gerak langkah, satu tujuan, sa tu tertib, satu metode yaitu cara Rasulullah s.a.w.  Alhamdulillah, tidak ada perpecahan, tidak ada perbedaan, di seluruh dunia sama geraknya dan Satu Hati. Hal ini dapat dibuktikan pula ketika terselenggara pertemua (ijtima’) dunia. lebih dari 2 juta da’i-da’i Allah berkumpul di satu tempat, berasal dari seluruh dunia. Subhanallahu… Nampaknya Allah telah menampakkan Qudratnya kepada kita semua, bahwa usaha agama yang dihidupkan mengikuti cara Nabi akan dikekalkan. Namun suatu usaha meskipun itu dalam rangka agama yang dijalankan dengan hawa nafsu dan maksud dunia. akan dihancurkan. Kita lihat betapa justru terjadi perpecahan, pertikaian, perebutan kekuasaan dan lain sebagainya. Allahu Akbar.

Hari ini orang-orang berlomba untuk meraih kekuasaan politik guna membangun negara / daulah berdasarkan syariah Islam dan dengan dalih untuk da’wah Islam. Pertanyaannya adalah, kalau pun tujuan kekuasaan atau politik itu tercapai, apakah dapat “menguasai” hati – hati manusia atau rakyatnya agar mereka semua taat kepada Allah ? Jangan-jangan akan lahir generasi rakyat yang munafik, yang diluarnya berislam karena takut akan pemerintah, tapi di hatinya tidak ada hidayah.

Untuk menghancurkan sistem yang bathil dalam tatanan dunia ini hanya dengan tertib da’wah cara Nabi. Bukan dengan cara politik-partai, ekonomi, teknologi, militer atau tertib da’wah yahudi dan nasrani lainnya. Umat islam hanya akan menjadi bulan-bulanan bila menentang arus sistem yahudi nasrani tersebut dan hanya menguras Energi saja.

Pernah seorang teman di rohis ketika di SMA dahulu berkata, bahwa Nabi itu juga berpolitik. Maka ketika itu Saya hanya menjawab dengan senyum, mungkin ikhwan yang satu ini belum paham, bahwa Nabi memang berpolitik tetapi politik Nabi adalah bagaimana seluruh umatnya taat pada Allah swt, masuk surga-Nya Allah swt. Kalau mau mengikuti politik cara Nabi, kita harus buat musyawarah harian, khususi silaturahim, jaulah berkeliling kampung kita, buat amal maqomi lainnya dan keluar ke kampung lain untuk buat usaha, perfikir keras, mengatur siasat strategi bagaimana agar seluruh umat terselamat dari siksa Neraka.

Ulama katakan bahwa Islam yang sempurna itu sesungguhnya terdiri atas 6 hal yaitu akidah, ibadah, muamalah, muasyarah, akhlak dan terakhir khilafah. Hal pertama hingga kelima wajib dengan sungguh-sungguh diperjuangkan, tetapi hal keenam tidak perlu diperjuangkan karena ini janji Allah swt kepada kita barangsiapa yang bersungguh-sungguh dalam keimanan dan amal soleh pasti Allah akan berikan Kekhilafahan dan kekuasaan politik tersebut, sebagai sebuah hadiah yang terindah di dunia yang fana ini.

“Allah menjanjikan orang-orang yang beriman dan beramal soleh dari kalangan kamu bahawa ia akan menjadikan mereka khalifah-khalifah yang memegang kuasa pemerintahan di bumi; sebagaimana ia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka sebagai khalifah yang berkuasa;dan ia akan menguatkan dan mengembangkan Agama mereka (islam) yang telah di redaiNya untuk mereka.” An Nur : 55

“Dan Allah tidak sekali-kali akan memberi jalan kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman.” An Nisaa : 141

Keadaan dimana umat islam hari ini ditindas, dibunuh, dilecehkan dan dikuasai sistem kafir adalah disebabkan karena umat islam belum memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Allah swt untuk mendapat perlindungan dan pertolongan-Nya dari orang-orang kafir. Umat islam secara merata belum menjalani hidup sebagaimana yang dikehendaki Allah, malah memilih hidup dengan cara orang kafir, metode orang kafir, penampilan orang kafir, cara pikir orang kafir.

Saya mohon do’anya agar dapat istiqomah dalam usaha ini, termasuk istri, anak-anak, dan keturunan Saya hingga Hari Kiamat. Saya berharap agar hidup Saya sekeluarga untuk da’wah; da’wah sebagai maksud hidup, hidup untuk da’wah, da’wah sampai mati, mati dalam da’wah.

Responses

  1. Ass. Wr. Wb.,

    Tetap berjalan didalamNya. Berjuanglah dengan hati yang penuh kepadaNya.
    Aku sedang berusaha mengikuti, semoga bs seperti antum…

  2. Kita semua saling mendoakan, supaya dapat istiqomah dijalan-Nya.

  3. SubhanaLlah pak fajar..

  4. Subhanallah…
    so cool for your coments my brother…
    your is really “hamba ALLOH” and ALLOH bless you and your life “umat Rasulullah SAW”..

    SEMOGA SY BS CPT2 MENGIKUTI JEJAK ANTUM SAUDARAKU…

    ALLOHU AKBAR…
    ALLOHU AKBAR…
    ALLOHU AKBAR…

    Come On SAVE PALESTINE kang Fajar!!!

    Come On SAVE PALESTINE kang Fajar!!!

    Come On SAVE PALESTINE kang Fajar!!!

  5. Insya Allah, semoga kita dapat saling mendoakan untuk dapat menjadi umat Rasulullah s.a.w. yang meneruskan kerja-kerja dan perjuangan Beliau s.a.w.

  6. Komentar saya…hanyalah…

    ALLOHU AKBAR…..
    ALLOHU AKBAR…..
    ALLOHU AKBAR…..

    Semoga Alloh menyertai kita semua, Amiin.

  7. Amiin Ya Robbal ‘Alamiin

  8. Assalamualaikum,
    Tetap istiqomah Pak Fajar, semoga kita digunakan oleh Alloh sampai akhir hayat kita dan anak cucu kita untuk usaha dakwah ini. amiin.

    Abu Izza Adduri
    http://www.dalamdakwah.wordpress.com

  9. Assalamu alaikum
    Blog yang sangat bermanfaat. Mudah2an kita diberi kekuatan untuk mengamalkan dan menyampaikan kepada saudara kita di seluruh alam.
    Mudah2an Allah SWT istiqomahkan kita. Insyaallah kapan2 kita keluar bareng ya ?

  10. Amin semoga kita selalu dipilih Allah dalam mengusahakan iman dan amal agama yang sempurna. Insya Allah pak, semoga Allah swt pertemukan kita ya dalam kerja-kerja dakwah tabligh.

  11. assalamualaikum saudaraku,
    Tulisan yang sangat mencerahkan, terimakasih atas tulisannya..

  12. Yth saudaraku Abu Raudhah
    Wa’alaykumsalam ya akhi….. terimakasih telah mampir, doakan saya dan keluarga dipilih Allah swt untuk dapat menghabiskan waktu, harta dan diri di jalan Allah swt.

  13. Yth akhi Abu Izza Adduri,
    Amiin Ya Allah…… doakan saya juga ya pak…. Bapak adalah saudara saya yang nanti akan ditanyakan ke saya di kubur, “man ikhwanuka..?” maka saya semoga dapat menjawab yang diantaranya bapak, dan juga saudara-saudara muslim se-iman dan seperjuangan agama di seluruh dunia lainnya, pengikut setia Rasulullah saw, Sahabat ra.hum dan assalafussolihiin hakiki.

  14. Assalamu alaykum wr. wb.

    Maaf mas Fajar, saya baru sempat balas… saya sedang urdu di Melak – Kalimantan Timur, saya numpang akses internet di mess salah satu karyawan Trubaindo… jazakaLLah sudah mampir ke blog saya, mudah2an bermanfaat… insyaaLLah kapan2 ketemu di markaz…

    Wassalamu alaykum wr. wb

  15. Wa’alaykumsalam mas Liliek…Insya Allah kita keluar bareng ya. Terima kasih sudah sudi mampir.
    Wassalaamu’alaykum wr wb

  16. Teruskan Usaha Dakwah dengan sabar dan kobarkan semangat berdasarkan tertib yang hrs kita jalankan. Kita saling mendo’akan semoga bangsa ini tidak lekas terpuruk dalam kehancuran.

    Wassalamu’alaiku wr. wb.

  17. smoga aq slalu hidup dalam suasana dakwah. aamin ya allah

  18. Amiin Ya Robbal’alamin………..

  19. Amiin Ya Allah…Semoga suasana ini semakin hidup di seluruh alam…

  20. Barrakallaahu fiikum

  21. Semoga anda, keluaga turunan dan kita semua dalam Ridho ALLAH dan RasulNYA MUHAMMAD SAW.

  22. Assalamu’alaikum pak fajar salam kenal tlg doain ini utk istiqomah dlm dakwah jazakallohu

  23. MAsya Allah, semoga Akhi fajar mendapt kebahagiaan & kemuliaan di dunia & akhirat. aamiin.

  24. Amiin Ya Rabb, jazakillahu khairan ukhti…… saling mendoakan dan doa juga untuk ummat

  25. Wa’alaykumsalam wr wb Abu Faruq, salam kenal juga ya…… kita saling mendoakan. Saudara sejati kalau dekat saling kunjung-mengunjungi, kalau jauh saling mendoakan

  26. Amiin Ya Rabb… Jazakallahu khair, trm kasih pak Muhammad Hasan… bapak Halaqah mana?

  27. Ya Allah Istiqomahkan kami buat kerja dakwah Ya Allah…Kuatkan Kaki-kaki dan Pundak-pundak kami…

  28. Aamiin ya Allah… matur nuwun sudah mampir

  29. bagaimana cara untuk bisa slalu Istiqomah, sementara hati ini slalu bolak balik terkadang ingat k padanya terkadang Alfa

  30. Bismillah,

    Assalamu alaikum Pak Fajar. Akhirnya saya bisa bertemu dengan antum di web ini. Kalau antum anak smada dulu, maka mungkin masih ingat dengan saya yang sama2 saban kamis malam nginap di Mesjid Veteran selatan dengan beberapa ikhwah yang lain. Juga mungkin masih ingat dengan Keramatnya smada.

    Walau saya tidak aktif (lagi) di Jamaah Tabligh, tapi saya tetap rindu dengan saudara2 saya yang sama pernah khuruj. Mudah2an kita bisa bertemu lagi, juga Zulfikar dan beberapa lagi yang saya sudah lupa nama mereka.

    Wassalamu alaikum
    Mohammad Rifai
    alumni smada, lulus tahun 1993.

  31. Assalamu’alaikum

    Mas fajar , boleh tau kalo sukatani masuknya halaqoh mana dan alamat halaqohnya dimana ? bila tidak merepotkan mohon dibalas lewat email firdaus.dz@bukopin.co.id..

  32. sudah saya email ya pak

  33. Wa’alaykumsalam….antum tinggal dimana sekarang? Semoga sehat selalu ya…. Semoga Allah swt istiqomahkan kita dalam Dakwah…

  34. Hidupkan amal maqomi dengan sungguh2 dan istiqomah…Saya niat amal insya Allah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: