Posted by: Fajar Harguna | 16 March 2009

Dakwah Kapolda

Surabaya – Kapolda Jatim baru ternyata mempunyai instruksi unik untuk anak buahnya. Mantan Kapolda Kalimantan Selatan yang memang dikenal agamis tersebut, menginstruksikan sholat berjamaah bagi seluruh anggota polisi yang berada di wilayah Polda Jawa Timur.

Dalam pidato usai pelantikan atas dirinya, Brigjen Pol Anton Bachrul Alam mengatakan bahwa untuk menciptakan suasana sejuk dan damai di Jawa Timur, maka masyarakatnya harus taat beribadah, dan itu dimulai dalam tubuh kepolisian.

“Agar Jawa Timur sejuk, ibadah harus ditegakkan, bagi yang muslim, harus sholat berjamaah,” ujar Anton dalam pidatonya kepada anggota Mapolda Jatim beberapa waktu lalu.

Rupanya instruksi sholat berjamaah tersebut ditindak lanjuti secara serius oleh Anton, hal ini dibuktikan dengan ajakan sholat berjamaah melalui pengeras suara setiap kali waktu sholat di lingkungan Mapolda Jatim. Bunyi ajakan sholat tersebut kurang lebih sebagai berikut.

“Kepada setiap anggota Polda Jatim, sesuai atensi Kapolda, bagi yang beragama Islam, diharap sholat berjamaah di Masjid Nurul Huda (kompleks Polda Jatim) dan tinggalkan segala bentuk aktivitas, tertanda karo ops Mapolda Jatim”.

Ajakan tersebut ternyata sangat berpengaruh, Masjid Nurul Huda kompleks Mapolda Jatim yang biasanya sepi, dari pantauan beritajatim.com tadi siang sewaktu sholat Dzuhur, Selasa (24/02/2009), terlihat penuh hingga ke halaman depan masjid.

Tak hanya menginstruksikan sholat saja, Anton juga memerintahkan seluruh anggotanya, baik yang beragama Islam maupun beragama lain untuk meninggalkan aktivitas pekerjaannya sepuluh menit sebelum waktu sholat untuk berbondong-bondong ke Masjid. Sedangkan bagi yang beragama lain, diharapkan untuk berkumpul di suatu tempat dan melakukan doa atau ibadah menurut ajarannya.

Selain perintah sholat, Anton juga memerintahkan seluruh anak buahnya baik yang ada di Mapolda Jatim maupun jajaran untuk melakukan baca Al Quran sebanyak 30 juz (khatam) setiap harinya sehabis sholat subuh.

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Puji Astuti, Puji membenarkan bahwa instruksi kapolda mengenai sholat dan baca Al Quran tersebut memang sedang giat dilakukan oleh anggota polisi di seluruh jajaran Polda Jatim.

“Ya, kita memang sedang giat menjalankan kegiatan keagamaan,” ujar Puji saat ditemui di Mapolda Jatim jalan A Yani Surabaya, Selasa (24/2/2009).

Instruksi Anton untuk segera meninggalkan aktivitas ketika memasuki waktu sholat tersebut tidak hanya kepada anak buahnya saja, Anton sendiri juga melakukan hal yang sama, ini bisa dibuktikan ketika acara serah terima jabatan sebagai kapolda beberapa waktu lalu, Anton bersama Kapolda lama Irjen Pol Herman S Sumawireja meninggalkan acara sejenak, ketika sudah tiba waktu sholat Ashar dan melaksanakan sholat berjamaah di Masjid Nurul Huda kompleks Mapolda Jatim.[rif/kun] Reporter : Arif Fajar A

Advertisements

Responses

  1. salam ziarah tuan,,tuan ada x jemaah malaysia yang ada indonesia,,saya mahu keluar di pulau boyan…doa ye..jemput ziarah di blog saya…

  2. Subhanallah…..

    Semoga langkah brilian Pak Anton ini ditiru oleh seluruh jajaran aparat kepolisian Indonesia serta Instansi Penegak Hukum lainnya.

    Sebagai umat Islam, kami sangat bangga. Salam dan Do’a kami menyertaimu wahai penerus risalah kenabian.

    Kekuatan Allah bersama orang keluar di Jalan Allah.

  3. Amiin……

  4. Masya Alloh, Alloh Swt. telah hantarkan seorang Jendral yang di jadikan Dai Alloh. semoga kekuatan Alloh Swt.bersama kekuatan yang di hantar. Itulah makna Laa Illaha illalloh.

  5. Benar sekali pak..! Masya Allah, Allah swt Kuasa hantarkan matahari, bulan dan bintang2 bergerak dalam garis edarnya… dan tentu sekali Allah swt Kuasa menggerakkan manusia untuk keluar fisabilillah ke seluruh alam…

  6. Subhanalloh…Insya Alloh klo smua para pemimpin kita minimal ky Kapolda Jatim dan melaksanakan apa yang di Sunnahkan Rosululloh SAW. kejayaan di Dunia dan Akhirat untuk bekal nanti akan dicapai.Insya Alloh..
    ada pepatah bilang “Klo Pemimpinnya baik, kebawahpun pasti baik” Inysa Alloh.
    “tapi klo pemimpinnya busuk, kebawahnya pun pasti busuk”Na udzubillah..

  7. amiin Insya Allah pak kita doakan ya, agar para pemimpin ikut ambil bagian dalam dakwah

  8. salam kenal pak fajar, blognya bagus…
    mdh2an kapolda yg lain mencontoh

  9. Wa;alaykumsalam wr wb, salam kenal kembali dina…. Amiin mari kita doakan bersama..

  10. Subhaanalloh,.. Alhamdulillah..! Kami jama’ah dari Garuda Indonesia baru saja nishop bersama Jama’ah Ci jantung di bawah Amir Bpk jendral Arief Rahman, Bpk Jendral Shahrir dan di hadiri oleh Kapolda Jatim Bpk Jendral Anton Bahrul Alam tgl.29 s/d 31 Juni 2009 ( 3 hari ) di Masjid Perum Bukit Permai Cibubur, Masya Alloh yang nusroh banyak sekali, Insya Alloh jika tidak berhalangan bulan depan rencana akan I’tikaf di Markas Brimob Kelapa 2 Ciputat. Mohon doa.

  11. Ketika Rasulullah berdoa agar Islam dikuatkan dengan masuknya salah satu dari dua Umar, maka Umar bin Khatab r.a. masuk Islam. Sejak itulah Islam makin kuat.

    Jika kita berdoa agar para petinggi di negeri ini dan negeri seluruh alam sudah ikut membela agamanya, mudah-mudahan doa kita seperti doa Rasulullah SAW di atas. Islam wujud di dalam kehidupan umat manusia, agar selamat dunia akhirat. Itulah tujuan hidup.

  12. Amiin… sudah seharusnya kita perbanyak lagi doa, sambil mengangis dan mengadukan permasalahan umat ini hanya pada Allah… Maulana Sa’ad dikatakan berdoa setiap malam 3-4 jam-an, tiap jamnya dibagi2, setengah jam buat eropa, setengah jam buat arab, setengah jam buat negeri2 lain dan juga tentunya Doa Khusus untuk Indonesia…. Indonesia Ya Allah …Hidayah Ya Allah… , Indonesia Ya Allah …Hidayah Ya Allah… , Indonesia Ya Allah …Hidayah Ya Allah…

    Kita harusnya pun demikian, doa yang kuat…
    Semoga kita diberi kepahaman oleh Allah swt.

  13. Assalamualikum wr.wb Salam kenal dari kami di Sabang NAD tuk semua Da’i di indonesia jangan Lupa sempatkan main ke sabang Insyaallah kami tunggu

  14. Untuk menciptakan suasana belajar yang efektif, Anda harus memperhatikan suasana dan lingkungan belajar Anda.

  15. Goood ! Thank you


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: