Posted by: Fajar Harguna | 26 January 2009

Usaha Dakwah Usaha Rayap

Sunday Times London menulis artikel tentang pergerakan dakwah terbesar (orang-orang biasa memberi nama harakatul iman, usaha dakwah tabligh atau jamaah tabligh) yang akan membuat kompleks masjid yang berukuran gigantic, yang akan menjadi markas dakwah di London, di atas area tanah seluas 10 hektar disebuah kota Newham, yang berjarak kurang lebih 500 yards dari stadion Olympic 2012. Masjid ini juga menggunakan pembangkit listrik tekhnologi wind turbine minarets and tidal power (kincir angin dan kincir di dalam air), sepertinya memang sudah dipersiapkan untuk menghadapi jaman kekacauan kedepan yang kasat mata adalah habisnya bahan bakar minyak. Masjid yang direncanakan mampu menampung 40.000 bahkan sampai dengan 70.000 jemaah apabila berhasil mendapatkan legalitas dari pemerintah setempat. Jumlah ini hanya beda 10.000 lebih sedikit dengan daya tampung stadion Olympic di sebelahnya. Dapat dipastikan akan menjadi tempat ibadah terbesar di Eropa, yang Insya Allah akan terselesaikan pada tahun 2012.

Ya, diperlukan sebuah areal yang munasib dan luas untuk aktifitas usaha dakwah ini mengingat hari demi hari jumlah muslim di Inggris dan Eropa semakin bertambah, dan jumlah kaum muslimin yang telah ambil bagian dalam usaha dakwah ini semakin meningkat pesat. Pada tahun 2007 mencapai angka 57.000.000 umat muslim, dan sebanyak 2.8 juta yang bermukim di Inggris. Pada setiap Ijtima’ (pertemuan tahunan umat Islam seluruh dunia) diberbagai negara dan benua dengan waktu pengadaan hanya 3 hari, jemaah ini mampu menghadirkan 6 sampai 10 Juta umat muslim dari seluruh penjuru dunia, dan mengeluarkan sedikitnya 100.000 rombongan dakwah, belum lagi jumlah ratusan hingga ribuan jama’ah yang setiap harinya dikeluarkan dari setiap negara yang masing-masing mempunyai markaz dakwah untuk berdakwah dengan membawa akhlak, sunnah dan adab-adab Rasulullah SAW keseluruh pelosok bumi hingga ke pulau-pulau terpencil sekalipun.

Usaha ini adalah usaha dakwah Rasulullah SAW yang telah lama mati dan ditinggalkan, yang kemudian dihidupkan kembali oleh maulana Muhammad Ilyas (rah.), yang ingin menyebarkan kesadaran akhlakul kharimah Rasulullah SAW dengan mengutamakan persatuan antara umat muslim di seluruh dunia dan berjanji bahwa hanya dengan mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah SAW, umat Islam akan memperoleh kejayaan. Dalam kurun waktu 80 tahun, diantara berbagai tudingan pahit, hinaan, kecaman bahkan fitnah, jemaah ini mampu berkembang demikian pesatnya dengan pertolongan Allah SWT. Pahit memang, namun kenyataan itulah yang harus diterima dalam kerja dakwah cara nabi (minhajin nubuwwah). Dan seluruh pekerja-pekerja dakwah tabligh pun sudah sangat terbiasa dengan perlakuan tersebut sehingga selalu menerimanya sebagai sebagai bagian dari tarbiyah Allah SWT guna meningkatkan ghirah dakwah, yaitu menjadikan dakwah maksud hidup, hidup untuk dakwah, dakwah sampai mati dan mati dalam dakwah. Dalam menghadapi fitnah dan celaan, tidak ada satu buku putih-pun dikeluarkan oleh ulama-ulama yang terlibat dalam usaha dakwah ini. Atau klarifikasi apalagi jumpa pers. Karena usaha ini adalah usaha dengan cara nabi dimana mengutamakan : Gerak (qadam) bukan Tulisan (qalam), Persatuan (Ittihad) bukan Perpecahan (Ikhtilaf), Senyap-senyap (Istitar) bukan Gembar-Gembor (Isytihar), Kabar gembira (Tabsyir) bukan kabar buruk (tanfir).

Jamaah ini memiliki sifat ketaatan kepada amir atau pimpinan yang luar biasa (sami’na wa ato’na). Jamaah ini memiliki satu fikir, satu tujuan, satu gerak dan satu cara dalam dakwah, keseluruhannya berdasarkan tertib dakwah yang sama di seluruh dunia. Seorang ulama pernah mengatakan bahwa jamaah ini adalah satu-satunya jamaah yang saat ini paling siap ketika ada panggilan jihad dari khalifah. Jamaah ini sudah terbiasa meninggalkan keluarga untuk beberapa waktu lamanya, dan terbiasa dengan medan pegunungan, lautan, sungai, kepulauan bahkan keluar masuk hutan.

Kasat mata mereka memang kelihatan lemah sekali. Sungguh suatu ironi yang luar biasa apabila jamaah dakwah ini harus dihadapkan dengan tentara-tentara kafir dan musuh Islam dengan keterampilan perang dan teknologi senjata-senjata yang demikian canggihnya. Hanya ejekan dan bahan tertawaan saja yang akan diterima oleh jamaah ini. Sungguh bagaikan David yang melawan Goliath. Mereka juga sering diremehkan karena tidak berpolitik. Bagi jamaah ini berpolitik yang benar bukanlah berdasarkan kepada kepentingan golongan saja sehingga menimbulkan perpecahan sesama muslim karena beda kepentingan, tetapi ”politik” yang sesungguhnya adalah ”politik” cara nabi bagaimana menimbulkan persatuan dan kasih sayang seluruh umat di seluruh alam, dan bagaimana seluruh umat (dari zaman nabi Adam hingga bayi terakhir yang lahir di dunia) selamat dari siksa neraka.

Lalu dimana kekuatannya? Dari ketentaraankah, atau perekonomian, atau teknologi, atau kancah politik praktis? Amalan agama yang sempurna dengan diiringi kerendahan hati & ke-tawajuhan hanya pada Allah beserta Rasul-Nya sajalah yang menjadi kekuatan dan ”senjata” yang amat sangat Dahsyat, dan yang amat sangat ditakuti oleh musuh-musuh islam. Bagaikan rayap-rayap kecil yang terlihat ”tak berdaya” yang akan mampu menumbangkan pohon-pohon besar dari kecongkakan musuh-musuh Islam. Hal ini sejalan dengan sejarah Rasulullah SAW dan Para Sahabat R.A. yang mampu mengislamkan bangsa besar Persia dan Romawi dengan mengetuk pintu rakyatnya satu demi satu dengan membawa akhlakul kharimah. Kalau rakyatnya sudah mayoritas Islam, pemerintahnya dapat berbuat apa?

Bahkan bila seluruh musuh-musuh Islam bermaksud menghancurkan dan mem-bom markaz dakwah tabligh maka hanya usaha yang sia-sia belaka. Markaz dakwah tabligh tersebar hingga ke pelosok-pelosok kampung diseluruh penjuru dunia, ada halaqoh-halaqoh-nya dan muhallah-muhallah di bawahnya. Dan bahkan rumah-rumah seluruh ahli dakwah telah hidup amalan masjid nabawi (hidup amal dakwah, ta’lim, zikir ibadah dan khidmat) sehingga merupakan madrasah iman dan amal yang Insya Allah dijaga oleh para malaikat-malaikat Allah SWT. Kalau pun terjadi situasi darurat maka halaqoh manapun bisa dijadikan markaz pusat. Butuh berapa ton TNT & C4 ataupun mungkin berapa banyak tangki Uranium yang akan dihabiskan untuk membom markaz dakwah tabligh? Ada satu kargozari (laporan perjuangan) bahwa telah ada satu upaya dari musuh Islam untuk mem-bom markaz dakwah yang terletak di Nizamuddin, namun upaya tersebut telah gagal total.

Wallahu ’alam.

Advertisements

Responses

  1. Masya Allah,

    Niat untuk istiqomah dalam Da’wah sampai hari kiamat.

    Kabulkan lah do’a hamba mu ya Rabb>

  2. Amiin Ya Allah……

  3. Assalamulaikum

    Berikut site yang menjelaskan detail arsitektur Mesjid yang dimaksud di atas, site ini adalah developer utk mesjid tersebut:

    http://www.myaa-arq.com/

    Silakan klik di wilayah london (nama mesjid/bangunan ini adalah Abby Mills Islamic Centre)

    …dan apabila manusia berbondong-bondong menuju Islam, ..alangkah baiknya kita bertakbir, dan juga beristighfar…karena Islam bukan dimenangkan dengan jumlah..hanya Allah yang berhak memenangkan Islam walaupun dgn bilangan yang amat kecil dan lemah…

    Dan semoga mesjid ini bukan juga bagian dari sarana bermegah..karena mesjid Nabawi pertama kali sangatlah sederhana tapi menjadi asbab kerja da’wah yang amat militan (by the way, apakah pembangunan mesjid ini sudah di musyawarahkan ..)

    Semoga hidayah tercurahkan bagi umat manusia…dan juga saya…

    Orang awam,
    Rizal

  4. Wa’alaykumsalam wr wb

    Jazakalllahu khairan….. Terima kasih atas informasi dan link -nya ya pak, sangat bermanfaat. Doakan saya sekeluarga istiqomah dalam usaha baginda Rasulullah saw ini sampai hari kiamat…..

  5. subhanalloh….!!! mari kita berjuang dijalan Alloh swt bergerak ke seluruh Alam sebelu Alloh murka hilangnya Amal agama yang sempurna

  6. umat hari ini sudah tertinggal jauh dari amal agama yang sempurna.yang ada bid,ah2 dakwah bermunculan kebatilan,kemaksiatan merajalela mari kita bergerak sebarkan hidayah seluruh Alam sampai hari kiamat

  7. insya Alloh doakan ana keluar 4 ipb tahun ini

  8. Amiin Sama-Sama pak…..

  9. Insya Allah semoga tetap istiqomah

  10. Insya Allah

  11. nanti jord kudama di indonesia jawa timur temboro insya Alloh keluar rombongan 4 bln ipb se jamaah doakan ya

  12. Assalamualaikum. doakan ana bisa ikut ambil bagian dalam dakwah cara nabi dan para sahabat ini. ana pernah keluar 3 hari sekitar satu tahun yg lalu, tp baru sekarang Allah berikan kefahaman… ana ingin istiqamah dlm dakwah ini..
    ya Allah jadikan dakwah sebagai tujuan hidup hamba. dakwah sampai mati dan mati dlm dakwah… amin yg Allah

  13. Aamiin, Insya Allah… sama2 saling mendoakan ya…

  14. Adalah menjadi kewajiban yang cukup jelas pada kita hari ini untuk usaha atas iman dan yakin,kita kena mengakui secara jujur yang iman kita semua amat lemah,ia dapat dilihat dari beberapa tanda yang ada,kita masih tak merasa bersalah dan berdosa dalam melakukaun maksiat pada Allah.kita masih melihat perkara dunia lebih berharga dari perkara ugama,kita masih menganggap perkara ugama sebagai satu hal yang membebankan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: